Monday, September 2, 2013

lampu led otomatis dengan LDR (sensor cahaya)



Assalamu’alaikum..



Kali ini saya akan coba membagi ilmu tentang bagaimana membuat sensor cahaya yang sangat sederhana. Apa manfaatnya? banyak sekali aplikasi untuk sensor cahaya ini. Contohnya untuk lampu jalan yang tiba-tiba nyala sendiri ketika gelap, gimana? keren kan? Ga usah pake sihir.. haha atau aplikasi lain bisa kita pasangkan dengan lampu rumah yang ada di teras. Jadi kalo udah gelap ya bakalan nyala sendiri.. ga usah kita “cetrekin” sendiri.. simple kan?



Nah.. sekarang kita bahas komponen yang dibutuhkan untuk membuat sensor ini. Kita Cuma butuh



  1. Resistor (2 buah : 100 ohm & 1K)                  : nilai resistornya yg pertama ga mesti 100 ohm juga gapapa, palingan Cuma ngaruh sama intensitas LEDnya. Tapi jangan terlalu kecil juga..  ntar malah bau angus lagi… haha.

  2. Transistor BJT NPN (1 buah aja)                 : beli yang NPN ya.. nah, transistor ini yang nantinya berfungsi sebagai saklar otomatisnya.

  3. LDR (5mm) (1 buah aja)                                 : LDR ini yang berfungsi sebagai sensor cahayanya.. ko bisa? Hehe namanya juga LDR (Ligth Dependent Resistor) bukan Long Distance Relationship loh.. -_-.  Jadi resistor yang nilainya bergantung sama intensitas cahaya. Semakin besar intensitas cahayanya, semakin kecil nilai resistansinya. Sebaliknya juga gitu..

  4. LED(bebas mau berapa buah )                   : LED udah pada tau lah ya..  lampu doang juga haha



Sekarang tinggal kita rangkai di PCB lobang, PCB sablonan, ato project board, up to you :D, di rangkaian ini menggunakan catu DC 5 volt, kalo gak pake 5 volt, misalkan mau 9 volt ato 12 volt, tinggal ubah aja nilai R yang 100 ohm tadi, oke..

ini rangkaiannya

latis

oke moga berhasil :)



0 comments:

Post a Comment